Njuuusss….

25 Oct

Judul’nya lucu yaaaw, hehehee…😀 Apa artinya coba…??? Huuaaa…hari sabtu kemaren aqyu abis di suntik TT  *njuuuss..* untuk calon pengantin sebelum menikah. Dari pihak KUA dan kayim (pengurus surat nikah di kelurahan) Pak Datim, memang capeng ( khususnya CPW ) diwajibkan untuk suntik TT. Tapi ada beberapa capeng yang ga suntik TT juga ga apa-apa siyh, cuma kemaren Pak Datim sempet cerita kalo ada CPW  tetangga’nya beliau yang ga suntik TT begitu melahirkan koq anak’nya cacat, hiiiii…takut juga niiiych, amiit-amiiit deeeyhh *ketok meja*. Denger-denger suntik TT itu bisa menghambat proses kehamilan, jadi semacam KB terselubung, tapi trus aqu searching di google dapet jawaban:

“Sebenarnya imunisasi TT perlu dilakukan oleh wanita sebelum menikah terutama untuk ibu hamil, karena  Imunisasi TT atau Toksoid Tetanus dapat memberikan kekebalan tubuh pada ibu hamil agar janin terhindar dari Tetanus Neonatarum.

Tetanus neonatarum merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius di sebagian besar Negara berkembang dimana cakupan pelayanan kesehatan antenatal dan imunisasai TT kepada ibu hamil masih rendah. Namun selama 5 tahun terakhir insiden tetanus neonatarum ini menurun drastis karena pemberian imunisasi TT ibu hamil.

Sebagian besar bayi yang terkena tetanus biasanya lahir dari ibu yang tidak pernah mendapatkan imunisasi TT dan persalinan yang dilakukan kurang steril. Penyakit ini muncul biasanya disebabkan oleh masuknya spora tetanus melalui punting tali pusat yang dipotong dengan alat yang tidak steril maupun tali pusat yang dibalut dengan pembalut yang tidak steril atau karena diberi ramuan-ramuan yang terkontaminasi oleh spora tetanus.

Imunisasi TT yang pertama bisa dilakukan kapan saja, misalnya sewaktu remaja. Lalu TT2 dilakukan sebulan setelah TT1 (dapat memberikan perlindungan selama tiga tahun). Tahap berikutnya adalah TT3, dilakukan enam bulan setelah TT2 (perlindungan enam tahun), kemudian TT4 diberikan satu tahun setelah TT3 (perlindungan 10 tahun), dan TT5 diberikan setahun setelah TT4 (perlindungan 25 tahun). Untuk ibu hamil minimal harus sudah mendapatkan imunisasi TT sebanyak 2 kali. Karena imunisasi 1 kali belum dapat memberikan kekebalan pada bayi yang baru lahir terhadap penyakit tetanus, sehingga bayi umur kurang dari 1 bulan bisa terkena tetanus melalui luka tali pusat.

Sangkaan bahwa vaksin TT tak ubahnya alat kontrasepsi terselubung yang membuat perempuan terlambat hamil adalah tidak benar. Vaksin TT bukanlah alat KB terselubung seperti yang diduga oleh banyak orang. Rumor ini sudah beredar sejak lama sekali. Tapi pada kenyataannya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia tetap tinggi sampai sekarang. Logikanya, jika vaksin TT merupakan KB terselubung dari pemerintah, pastilah pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak akan secepat ini. Jadi sebaiknya jangan ragu untuk melaksanakan program pemerintah untuk imunisasi TT, demi kesehatan ibu dan bayi yang akan dilahirkan.”

[Dr. Diyah Ika Murianto] sumber http://www.suaramerdeka.com/

Jadi lebih baik aqu suntik TT saja, toh itu juga buat kesehatan dan kebaikan aqu juga amiiiinn…. demi secarik kertas ini juga makanya aqu suntik TT, heheheee… Ngurus surat-suratnya di ruang sekretariat, bilang mao suntik capeng, beres bayar Rp. 20rb kemudian di cek tensi sama di cek denyut nadi, terus siap-siap di suntik. Sambil cerita-cerita, di tanya sama mantri’nya “kapan terakhir haid..?, bulan ini udah dapet belum..?!” tau-tau udah di njuusss ajaaahh… cuma nyengir kuda deych aqu. Ternyata gak sakit tuch kalo qta relax, jangan tegang deych kalo mao di suntik, biar bisa cuma berasa kya di gigit semut ajaaaa…😀 *sok yees,gaya banget niyh aqu”. Begitu selese, surat keterangan udah beres trus ntar qta dapet kertas seperti ini:Katanya yang sudah pernah suntik ada yang besok’nya kerasa panas, ga enak badan, greges, tapi alhamdulillah besoknya bangun pagi aqu cuma kerasa pegel aja niych tangan, pegel bangeeeett yang pas di  bekas suntikan kemaren, njarem gitulaah… but it’s ok..tetep bisa melanjutkan aktifits seperti biasa koq😀 Semoga semua anggapan orang tentak suntik TT tidak terbukti yaaw, dan aqu besok bisa tokcer langsung hamidun, amiiiiienn…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: