Ijab – Kabul

25 Sep

Akad nikah mempunyai beberapa rukun dan syarat yang harus dipenuhi. Kedua kata tersebut mengandung arti yang sama dalam hal bahwa keduanya merupakan sesuatu yang harus diadakan. Dalam pernikahan misalnya, rukun dan syaratnya tidak boleh tertinggal. Artinya, pernikahan tidak sah bila keduanya tidak ada atau tidak lengkap.

Rukun nikah menurut islam yaitu:

  1. Calon mempelai pria
  2. Calon mempelai wanita
  3. Wali calon mempelai wanita
  4. Saksi, minimal 2 orang
  5. Ijab & Kabul

Sedangkan syarat nikah antara lai:

  1. Persetujuan kedua belah pihak
  2. Mahar ( mas kawin )
  3. Tidak boleh melanggar larangan-larangan perkawinan

Perbedaan rukun dan syarat adalah kalau rukun itu harus ada dalam satu amalan dan ia merupakan bagian yang hakiki dari amalan tersebut. Sementara syarat adalah sesuatu yang harus ada dalam satu amalan namun ia bukan bagian dari amalan tersebut. Jadi apabila syarat nikah tidak terpenuhi maka perkawinan tersebut tidak sah atau batal menurut hukum.

Karna bapak’qu sudah wafat maka yang akan menjadi wali nikah dan akan menikahkan aqu nanti adalah adik laki-laki aqu Aldhila. Pada saat pengucapan ijab di masjid mereka akan berjabat tangan, yang akan mengucapkan’nya adalah adik’qu terlebih dahulu. Kurang lebih kalimatnya  ijab‘nya seperti ini:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM,

SAYA NIKAHKAN DAN KAWINKAN ENGKAU, TAMPANG AJI PRASETYO BIN ABUZIRI KUSNANTO, DENGAN KAKAK PEREMPUAN SAYA, LIYA OCTARINA MEGANINGRUM BINTI MULYONO,  DENGAN MAS KAWIN SEPERANGKAT ALAT SHOLAT, EMAS BATANGAN SEBERAT 10 GRAM DAN UANG SEBESAR 191.101 RUPIAH DIBAYAR TUNAI.

Kemudian maz harus mengucapkan kabul (menjawab) dengan segera (kalau bisa dalam satu nafas):

SAYA TERIMA NIKAH DAN KAWIN’NYA, LIYA OCTARINA MEGANINGRUM BINTI MULYONO, DENGAN MAS KAWIN TERSEBUT  TUNAI.

Setelah mas mengucapkan kabul, para saksi mengecek apakah pengucapan ijab dan kabul ini tidak diselingi oleh pernyataan lain atau tanpa ada jeda atau dengan kata lain sambung menyambung, maka para saksi pun menyambut’nya dengan ucapan sah….

Subhanallah… Merinding banget aqu bikin postingan ini, cerita soal ijab-kabul. Bismillah…semoga besok pernikahan qta berjalan dengan lancar yaa maz🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: