Mengenai Mahar

27 Jul

Definisi mahar atau mas kawin itu sendiri adalah tanda kesungguhan seorang laki-laki untuk menikahi seorang wanita atau dengan kata lain harta yang diberikan pihak calon suami kepada calon istrinya untuk dimiliki sebagai penghalal hubungan mereka. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman,

“Berikanlah mahar (maskawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang wajib. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mahar itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (Qs. An-Nisa’ : 4)

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan memberikan mahar kepada wanita yang hendak dinikahi, maka hal tersebut menunjukkan bahwa mahar merupakan syarat sah pernikahan.

Mahar merupakan hak penuh mempelai wanita. Tidak boleh hak tersebut diambil oleh orang tua, keluarga maupun suaminya, kecuali bila wanita tersebut telah merelakannya. Wahai saudariku, mahar memang merupakan hak wanita, qta sebagai wanita bebas dan berhak menentukan bentuk dan jumlah mahar yang kita inginkan karena tidak ada batasan mahar dalam syari’at Islam.  Tapi alangkah baiknya, jangan sampai mahar itu memberatkan pihak laki-laki dan harus sesuai dengan kemampuan’nya. Islam-pun menganjurkan agar meringankan mahar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik mahar adalah mahar yang paling mudah (ringan).” (HR. al-Hakim : 2692, beliau mengatakan “Hadits ini shahih berdasarkan syarat Bukhari Muslim.” )

Mengenai mahar sudah banyak blog atau website yang membahas tentang ini. Tinggal searching ke Mbah Google dapet deeechh..😀 Tapi kalau males nyari niych aqu kasih link’nya untuk yang pengen tau detail penjelasan tentang mahar  dan semoga bisa berguna, coba aja lihat, klik website ini:

Well….aqu sendiri juga masih agak bingung niych mao minta seserahan apa ya sama maz’qu chayang besok. Yang aqu tau Nabi menyunahkan sebaiknya mahar itu bisa bernilai investasi tinggi. Kemungkinan besar untuk mahar nanti aqu mao minta emas ajalaah, bisa berupa emas batangan atau perhiasan emas dan uang.

One Response to “Mengenai Mahar”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ijab – Kabul « Our Miracle Moment - September 25, 2010

    […] Mahar ( mas kawin ) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: