Archive | MaHaR RSS feed for this section

Hias Mahar

27 Jan

Mahar kami buat di Oemah Kado Jln. Kol. Sugiri Gang Swadaya No. 19A/II Purwokerto, c.p Maz Budi 085842754010. Kalo dari depan SMU 2 Purwokerto ke arah selatan, 100mtr dari toko buku Mutiara sebelah kiri ada gang masuk deeeyhh… di depan gang biasanya maz budi majang etalase yang isnya contoh hasil karya hias mahar dan seserahan milik’nya. Aqu sama maz pilih di Oemah Kado karna maz udah kenal sama maz Budi dan harga juga on budget, orangnya juga asyiiik bwt di ajak ngobrol udah gethuuu..hasil karyanya yang udah qu liat cukup kreatif dan rapih.

Ada 3 mahar yang aqu minta beliau hias, Uang sama perlengkapan sholat.Begitu aqu ambil mahar di Oemah Kado, alhamdulillah maz Budi bisa bikin mahar uang ini sesuai dengan bayangan dan dan seperti yang aqu mao *koprol plus salto kegirangan deyh aqu*. Tadinya sempet bingung juga soal cunduk mentul bwt di gambar pengantin putri’nya mao pake apa dan ternyata maz budi pake payet bentuk bunga *sesuai dengan kenyataan’nya emang cunduk mentulnya bentuk bunga*. Dan pendapat sodara yang liat mahar uang ini pada bilang “Waaahh,ini siiyh Liya banget. Penganten’nya bunder2″ *ngakak*. Untuk mahar ini kami cukup bayar 120k IDR.

Kalo perlengkapan sholatnya yang tadinya gak mao pake tasbih tapi sama ibu di suruh di tambahin tasbih *jadi baiklah kami turuti kemauan ibunda tercinta* dan aqu minta di bentuk bunga aja. Hasilnya rapiiiih jali bouw. Bwt mahar ini karna kotaknya udah dari aqu dan maz Budi cuma tinggal nambahin bikin mika aja +dikasih hiasan kupu2,  kami cukup bayar 50rb sajaaaa…

Dan ini emas batangan yang di bikinin tempat’nya sama maz Budi, dan aqu kelupaan bwt moto tuuuch mahar, berhubung udah males bwt moto-motoin lagi, jadi aqu edit poto yang akad ajalaaahh *kumat lagi malesnya daaaghh.. ini kami cukup bayar 15rb saja sodara-sodara *baik hati sekali dikau maz*. Kotakan’nya rapih bouw, pake mika, trus emasnya juga masih dikasih mika lagi di dalem’nya, pake bunga kecil-kecil dan payet-payet, bener-bener detail dan rapih banget deeyhh… Aqu ga sanggup laah kalo harus bikin kaya gethu sendiri.

Ada tambahan 1 lagi untuk hias seserahan sprei, aqu minta maz budi bungkusin karna ternyata kotak seserahan’qu habis *bingung, mewek-mewek sendiri*, untung aja maz budi kasih solusi gak perlu pake kotak apa2 cukup kardus bekas tempat kertas di bungkus sama maz Budi pake kertas kado motif Leopard, voila…jadi deeeyh dengan cantiknya. Dan kami cukup mengganti ongkos menghiasnya dan hiasan kupu-kupunya saja sebesar 40k IDR. Semua hias mahar dan seserahan sprei yang di buat maz Budi bertema bunga-bunga. Aqu kasih nilai 9 untuk vendor ini.

Lucu’nya lagi niiiyh, setelah semua’nya jadi kami malah di kasih uang sama mas Budi, hahahaaa…. Koq bisa…?? Karna maz Budi pesen stiker logo dan pamflet selebaran Oemah Kado sama si maz, dan total’nya masih lebih banyak daripada harga hias mahar milik kami *alhamdulillah, rejeki orang mao nikah yaaw*

Hari Ini, 1 Minggu yang Akan Datang

12 Nov

Jumat hari ini akan sangat berbeda dengan jumat minggu depan. Setelah maz selese mengucapakan qobul, kamipun resmi menjadi sepasang suami-istri dengan semua kewajiban kami masing-masing. Jumat minggu depan perjalanan kehidupan kami berduapun akan di mulai.

Owkeeeyy..mari qta review satu persatu semua kelengkapan acara pernikahan kami besok.

  1. KUA : Ini dia hal yang paling, teramat-sangat penting sekali *mulai lebay*. Semua berkas kami sudah masuk. kami ada di nomor urut kedua pada hari Jumat 19 November 2010. Semoga akad nikah’qu tepat waktu, bapak penghulu pun hadir tepat waktu *telat sedikit 15mnt saya izinkan koq pak* ;-)
  2. Mahar : Sudah beres tinggal besok mao di ambil di Oemah Kado, semoga hasil’nya memuaskan.
  3. Rias Pengantin & Tenda : Fix semua…tapi masih bingung lagi soal tata rias’nya. Belum fitting kebaya bwt resepsi’nya niiyh… :-( Para among tamu & penerima tamu juga belum fitting kebaya’nya.
  4. Undangan : Sudah sebar, tinggal 20% saja yang belum disebar tapi sudah kami beritahukan kepada yang bersangkutan.
  5. Souvenir : Akad Nikah -> Kalender duduk sudah finish, Panitia -> Payung sudah selese, siap di bagikan pada saat pembubaran panitia besok, Resepsi -> ini dia yang masih jadi pikiran aqu, belum jadi, masih 90% huuHUUuhuu… :-( Bismillah ajalaaah..kata maz siyh tinggal di bungkusin ajaa besok sabtu *semoga*.
  6. Seserahan dan Angsul-Angsul : Sudah aqu hias bersama Mba Chany, makasiiih mbakayune *Cium tangan ke mba Chany*, tinggal 90% aja. Karna ada yang belum aqu bungkus di tutup pake mika /plastik parcel.
  7. Cincin Nikah : Sebenernya sudah jadi, tapi kemarin aqu kembalikan ke toko’nya lagi karna ada sedikit pengerjaan’nya yang kurang rapih, maklum laah pekerjaan tangan *tolak pinggang*
  8. Gedung Resepsi : Ini sudah fix tapi aqu juga kurang tau ibu sudah melunasi’nya belum yaaw…?? xixixiii…
  9. Dokumentasi & Video Shooting : Fix pake Click Titan Photography, baru DP. Dari kemaren janjian mao ketemuan sama bunda Widya, mao aqu lunasin tapi koq hari’nya gak ketemu-ketemu yaaaw … :-( *dasar gw tukang ngaret*
  10. Catering Rumah : Sudah DP ke Bu Rijat, untuk acara akad nikah. Menu & jumlah makanan sudah fix.
  11. Catering Gedung: Untuk menu buffet dn gubukan sudah fix. Semoga makanan’nya enak dan berkenan di lidah para tamu undangan dan porsi’nya juga gak kurang & gak lebih terlalu banyak *siap-siap untuk ibu-ibu yang mao mbungkus kalo sisa banyak*
  12. Kebaya Akad Nikah : Sudah fitting dan ternyata kebaya’nya kegedean *cihuuuyy,,ternyata lemak’qu berkurang* jadi harus di kecilin dulu deych sama bustier’nya sekalian, hohohooo…
  13. Para Panitia : Besok sabtu rapat koordinasi “Final Checking” untuk para panitia. Semoga semua berkenan hadir.
  14. MC /Pranoto Acara : Sudah berkoordinasi dengan Bapak Suyadi.
  15. Buku Pengajian : Udah di bikin, tapi masih kurang cover’nya. Mao nunggu dulu aqu sama maz foto pake busana muslim *amit-amit,,Narsis amat siiyh*
  16. Kendaraan Manten : Hwahahaaa….qta mao di arak paek dokar boow… :-D Kaya pengantin sunat deeyhh. Dari rumah ke gedung, untung ajaa deket cuma 1km doank *Kadar ke-PD-an mesti 100% niyh*
  17. Acara Hiburan dan Sound System : Untuk di gedung sudah fix, dengan Tangtingtung dan crew sound system’nya. Ayoow maz tunjukan performa kalian yang terbaik dengan suara kalian yang merdu yaaw maz-maz… Gak mao ada penyanyi cewe, ntar saingan ame manten’nya doownk *dasar gw gak mao kalah*

Alhamdulillah sudah 90%, yang 5% tinggal finishing dan yang 5% lagi kami hanya bisa ikhlas dan berdoa semoga acara kami besok berjalan dengan lancar sesuai rencana kami semua, amiiiiiinn…. Bantu kami Ya ALLAH.

(Masih) Tentang Seserahan, Mahar dan Semua Pendukung’nya

13 Oct

Bingung mao posting soal apa, jadi masih seputaran seserahan, mahar dan semua pelengkap atau pendukung pernikahan’qu sajalaaaahh…. :-(

BT..BT..BT.. tau gak siych, bahan rok yang waktu itu mao aqu jahitin bwt seserahn tiba-tiba hilang gak tau ke mana, ngalamat beli lagi deych… Tapi daripada kelamaan pake acara jahit segala, akhirnya aqu putuskan untuk beli celana panjang sajalaah besok, sekalian beli baju kerja’nya, what’s…?? hari gene belum beli baju kerja untuk seserahan :-D *tepok jidat* ampyuuuun d.j sabaaaaaarrr….  Angsul-angsul bwt maz juga masih ada yang kurang belum aqyu beli, daripada tepok jidat lagi mending *tepok pantat* aja deeecyh….

Tapi berita baik’nya adalah, tadi sore aqu sama maz sudah ke tempat maz Budi “Oemah Kado” di Jl. Kolonel Sugiono Purwokerto, untuk pesen mahar. Jadi nanti mahar aqu khan ada 3 macem, uang Rp. 191.110, seperangkat alat sholat dan emas batangan. Pastinya cari-cari tempat dengan hasil yang bagus, oke dan tentunya tidak mahal downk.. Untuk mahar uang aqu udah pesen sama maz budi untuk di bentuk jadi seperti gambar ini Alhamdulillah tadi kami dapet harga yang affordable banget, gak lebih mahal dari mahar uang kami nanti dan maz setuju dengan harga segitu *nari hula-hula* deeeych aqu. Trus untuk emas batangan’nya maz  Budi mao bikinin kotak pake mika trus ada semacem bantal’nya untuk naruh  itu emas (maklum laaah emas cuma 1 batang doank :-(). Kalo seperangkat alat sholat’nya mao di bentuk sama maz Budi juga aja aaaakhh…terserah mao di bentuk seperti apa. Pengen’nya siych bentuk bunga saja, tapi tadi alat sholat’nya belum aqu anter ke dia, besok aja gak pa2, jadi tadi maz Budi belu bisa kasih harga untuk hias mahar seperangkat alat sholat’nya deeychh… :-( Niyhh gambar alat sholat’qu untuk mahar’qu besok dengan harga yang  ga berlebihan, dengan nuansa hijau segeeerr…sesuai tema warna di pernikahan’qu nanti :-) Kalo urusan menghias seserahan dan angsul-angsul aqu mao berusaha sekuat tenaga untuk membuat seserahan itu menjadi lebih cantik dengan tangan’qu sendiri. Ntar kalo udah males, cape yaaaw ujung-ujung’nya aqu kasih ke orang lain aja deeeych suruh bungkusin *pipiku memerah* heheheee…. ;-)

Trus untuk seserahan aqu besok yang perlengkapan mandi’nya khususnya handuk sebener’nya sudah lama aqu beli, malah udah sempet aqu bentuk simple dan aqu tata sama peralatan mandi’nya. Tuch gambar’nya di bawah, rencana’nya  yang hijau buat aqu, kalo yang biru pastinya buat maz downk….Tapi trus beberapa bulan yang lalu waktu ade’qu ada panggilan tes kerja ke Semartang, trus dia sempet jalan-jalan ke Citraland Semarang dia kasih tau kalo di Matahari handuk Terry Palmer lagi diskon yang tadi’nya harga 229k  IDR dapet diskon 60% langsung sajalaah aqu suruh dia beli. Sekalian minta di bordir nama kami berdua.Cerah kan warna’nya sesuai dengan warna peralatan mandi’nya yang masih kurang deodorant karna masih dalam proses pemesanan jadi foto belum aqu upload bareng, menyusul saja yaaaa… :-)Duuuuwwwhhh…jadi pengen cepet-cepet membungkus semua’nya, seger banget deychh liat semua yang serba hijau-hijau itu…. :-D

Tentang Mahar’qu

23 Sep

Cihuuuuuyyyy…. ayeeeeewww…. Bahagia’nya aqu :-D Diri’qu lagi lebay niych ceritanya, secara  mahar buat akad nikah aqu besok sudah bereeess. Sudah di beli semua sama maz, alias sudah lengkaaapp… *Jingkrak-jingkrak, lompat kegirangan*

Untuk seperangkat alat sholat sudah di beliin sama maz kira-kira seminggu sebelum lebaran kemarin laaahh. Aqu sma maz dapet di Toko Solo Jl. Jend. Sudirman Purwokerto, dengan harga yang cukup murah dan tidak berlebihan. Tetep dengan nuansa hijau downk untuk mukena +sajadah :-) tanpa tasbih dan Al Qur’an karna maz gak mao. Bagi dia itu nantinya berat apabila tidak digunakan oleh istri sebagaimana mestinya dan maz takut kalau nantinya tidak bisa membimbing aqu membcaca Al Qur’an dengan benar.

Mahar uang dengan nominal Rp. 191.110,- sudah siap untuk di bentuk, pecahan Rp. 10,- juga sudah dapet waktu jalan-jalan ke Jogja.

Ini dia yang paling bikin aqu deg-degan udah tinggal 56hari lagi maz belum dapeeeettt logam mulia buat mahar kami… :-( dan maz masih terlihat santai bangeeeett. Tapi ooowwwhhh ternyata kemaren (rabu, 23/9/2010) maz sudah mendapatkan’nya, emas itu sudah ada di dalam genggaman’nya (lebaaaaaayyy…) hip-hip howreeeyy… Ceritanya  kemaren maz maen ke Pegadaian Syariah Paasar Wage di Jl. D.I Panjaitan (depan toko Mahkota pasar Wage), tanya soal logam mulia, maz dapet penjelasan dari pegawai pegadaian kalo ternyata beli LM di Pegadaian itu harus di cicil dalam jangka waktu min. 6 bulan s/d 36 bulan, dan harus indent lebih kurang 1 bulan pulaaaa… Tapi terus ada bapak-bapak pegawai pegadaian syariah itu (maz lupa namanya siapa) yang berbaik hati mao menjual LM’nya ke maz sesuai dengan harga di Aneka Tambang per hari itu (yaiyaalaahh…secara beliau pasti sudah untuk downk khan harga emas sedang melonjank naik). Kemaren maz dapet LM dengan berat 10grm dengan harga 381.100/grm (ampyuuun daaaghh…harga emas dunia semakin menggila :-() karna yang ready stock cuma yg berat’nya 10grm saja. Yaaachh…cukup laah LM 10grm, sebenernya aqu pengen 11grm siych sesuai dengan bulan pernikahan kami,tapi oowwh tapi nyari LM dengan berat 1grm di Purwokerto susyaaah beneeeeerrr…. ini dia penampakan, wujud LM’nya (gambar aqu ambil di www.emas24karat.com biar jelas) Logam Mulia yang buat aqu besok enteng koq, cuma 10grm hehehee… ;-) Ga perlu berlebihan laaahh, segitu juga udah alhamdulillah (sebenernya pengen lebih siych 50grm gethu, tapi apa daya uang’nya yg buat beli gak ada, kikikikikiiiiik… :-D), lumayan laaah untuk investasi awal kami berdua. Di sertifikat yang kami punya tercetak bulan April 2010.

Alhamdulillah urusan mahar selesai jugaaaa… kalo kata maz:

“Kita jadi nikah downk, khan aqu udah punya mahar buat nebus kamu, jeng say”

Whuuuuaaaa….dasar maz Tamp udah kebelet yeeeeww… wkwkwkwkk.. :-D

Har-Mahaaaarr….

4 Aug

Aqu masih bingung juga niych soal mahar, mao minta mahar apa yaaw sama maz yang pasti harus tidak memberatkan dia. Rencana siy udah 99,99% mao seperangkat alat sholat, emas batangan dan uang tunai 191.110 rupiah.

Untuk alat sholat rencana mao beli mukena sama sajadah di Az-zahra pusat perlengkapan muslim di Purwokerto, yang lumayan lengkap dan banyak pilihan’nya.

Untuk uang tunai dengan nominal 10 rupiah’nya qta udah beli di Jogja, di gang samping pasar Beringharjo. Kemaren qta beli yang uang logam pecahan 5 rupiah 2 buah, pecahan 10 rupiah sma uang kertas’nya juga. Aqu lupa kemaren qta dapet harga berapa waktu beli, kalo ga salah sekitar Rp. 3-5rb lhoow :-) Lhaaaa…koq beli’nya banyak gethuu..?? Yaa..jadi critanya ntar itu uang mao qta bentuk-bentuk jadi bwt antisipasi qta beli 2macem uang kertas & logam, tergantung yang mao ngebentuk’nya ntar bagusan pake yang mana. Untuk nominal 191.100 udah siap di bentuk, again…tergantung sma yang mao bikin mahar besok minta pecahan yang brapaan, yang penting jumlahnya harus sesuai yang qta mao 191.110 rupiah. Ini malah menjelang ramadhan & lebaran Idul Fitri sudah terbit uang baru lagi nominal Rp. 10rb dalam bentuk kertas sama Rp. 1.000,- dalam bentuk logam, katanya tuch uang logam bentuk’nya kaya koin mainan timezone :-D jadi penasaran niychh…

Naaah ini dia yang qta bingung, emas batangan atau logam mulia‘nya mao berapa gram. Aqu belum nemu angka yang cocok,tepat & pas sesuai tanggal bersejarah qta. Kalo aqu sendiri pengen’nya 9gram masing-masing 3gram jadi nanti  ada 3keping emas batangan. Tapi koq kalo beli yang 3gram malah jatuh’nya lebih mahal. Kalo mao beli 5gram sma 4gram, naah logam mulia yang berat’nya 4gr gak ada. Truuussss gimana niiiych..?? Jadi bingung dech aqu. Kalo ga yaaw mungkin 6 atau 8gram ajalaaah ga pa2, nantinya jadi ada 2keping emas. Ntar logam mulianya qta mao beli di toko emas di Purwokerto saja, kalo ke Aneka Tambang mah kejauhaaan kalee… Denger-denger beli di Pegadaian Syariah juga bisa lhooow..?!

Smoga urusan har-mahar ini bisa cepet kami selesaikan. Tergantung harga emas juga siych..gile ajeee, ajeee gile harga emas dalam minggu-minggu ini lagi gila-gilaan tinggi banget harganya alias mahal bouw. Semoga besok pas qta mao beli logam mulia, harga emas pas lagi turun jadi qta bisa saving cost bwt keperluan yang lain’nya lagi…

Mengenai Mahar

27 Jul

Definisi mahar atau mas kawin itu sendiri adalah tanda kesungguhan seorang laki-laki untuk menikahi seorang wanita atau dengan kata lain harta yang diberikan pihak calon suami kepada calon istrinya untuk dimiliki sebagai penghalal hubungan mereka. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman,

“Berikanlah mahar (maskawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang wajib. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mahar itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (Qs. An-Nisa’ : 4)

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan memberikan mahar kepada wanita yang hendak dinikahi, maka hal tersebut menunjukkan bahwa mahar merupakan syarat sah pernikahan.

Mahar merupakan hak penuh mempelai wanita. Tidak boleh hak tersebut diambil oleh orang tua, keluarga maupun suaminya, kecuali bila wanita tersebut telah merelakannya. Wahai saudariku, mahar memang merupakan hak wanita, qta sebagai wanita bebas dan berhak menentukan bentuk dan jumlah mahar yang kita inginkan karena tidak ada batasan mahar dalam syari’at Islam.  Tapi alangkah baiknya, jangan sampai mahar itu memberatkan pihak laki-laki dan harus sesuai dengan kemampuan’nya. Islam-pun menganjurkan agar meringankan mahar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik mahar adalah mahar yang paling mudah (ringan).” (HR. al-Hakim : 2692, beliau mengatakan “Hadits ini shahih berdasarkan syarat Bukhari Muslim.” )

Mengenai mahar sudah banyak blog atau website yang membahas tentang ini. Tinggal searching ke Mbah Google dapet deeechh.. :-D Tapi kalau males nyari niych aqu kasih link’nya untuk yang pengen tau detail penjelasan tentang mahar  dan semoga bisa berguna, coba aja lihat, klik website ini:

Well….aqu sendiri juga masih agak bingung niych mao minta seserahan apa ya sama maz’qu chayang besok. Yang aqu tau Nabi menyunahkan sebaiknya mahar itu bisa bernilai investasi tinggi. Kemungkinan besar untuk mahar nanti aqu mao minta emas ajalaah, bisa berupa emas batangan atau perhiasan emas dan uang.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.